" Menjadi unggul di bidang sains, teknologi dan enjiniring dalam mengembangkan bisnis pertanian / perkebunan yang berprinsip pada pembangunan industrial berwawasan lingkungan baik nasional maupun internasional "


Dekan


Dr. Ir. Bambang Marhaenanto, M. Eng., I.P.M.

Berita Terkini

Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember bekerja sama dengan Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual Universitas Jember menyelenggarakan Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS).  Kegiatan sosialisasi ini merupakan agenda roadshow satga PPKS Universitas Jember untuk memberikan edukasi tentang kekerasan seksual di lingkungan kampus

Lecture With World Class Professor In Packaging And Storage Technology Course Sebagai Persiapan Akreditasi Internasional ” 

Dalam rangka persiapan pembukaaan kelas internasional, Prodi THP mengagendakan kegiatan kuliah dengan dosen luar negeri. Kuliah dengan dosen luar negeri dapat menciptakan international environment work, sehingga akan berdampak pada peningkatan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa, Prodi THP mengadakan kuliah umum internasional. 

Asesmen Lapangan BAN-PT pada Prodi MTA

Program Studi S2 Teknologi Agroindustri Fakultas Teknologi Pertanian Universitas jember yang lebih dikenal dengan Prodi Magister Teknologi Agroindustri (MTA) menerima kunjungan Asesmen Lapangan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Asesmen Lapangan yang dilaksanakan oleh BAN-PT ini dihadiri oleh dua Asesor BAN-PT yakni Prof. Dr. Ir. Murhadi dari Universitas Lampung dan Dr. Ir. Makhmudun Ainuri, M.Si. dari Universitas Gajah Mada.


Bersama Mewujudkan Swasembada Gula, PT Sinergi Gula Nusantara Menjalin Kerja Sama dengan FTP UNEJ

Dalam rangka mewujudkan swasembada gula, perusahaan holding bentukan dari Kementerian BUMN yakni PT Sinergi Gula Nusantara menjalin kerja sama dengan stake holder diantaranya Peguruan Tinggi di wilayah Jawa Timur khususnya Universitas Jember. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilaksanakan pada hari Jumat, 17 November 2023 oleh SEVP Operations II dengan Wakil Rektor IV yang mewakili Rektor Universitas Jember. 

17 Mei 2024

Fakultas Teknologi PertanianUniversitas Jember mengadakan Rapat Senat Terbuka dengan agenda Yudisium Periode X Tahun Akademik 2023/2024. Rapat Senat ini selain diikuti oleh anggota Senat Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember, juga dihadiri oleh 50 (lima puluh) calon wisudawan yang akan mengikuti wisuda periode X pada tanggal 18 Mei 2024.

Rapat Terbuka Senat Yudisium Periode IX Tahun Akademik 2023/2024

27 April 2024

Pada hari Jumat, 26 April 2024 Fakultas Teknologi PertanianUniversitas Jember mengadakan Rapat Senat Terbuka Yudisium Periode IX Tahun Akademik 2023/2024. Rapat Senat ini selain diikuti oleh anggota Senat Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember, juga dihadiri oleh 22 (dua puluh dua) calon wisudawan yang akan mengikuti wisuda periode IX pada tanggal 27 April 2024 

Kolaborasi FTP, Faperta dan LP2M sebagai Panitia "The 8th IC-FANRes dan 2nd IC-SIA" Tahun 2023 

27 November 2023 

Fakultas Teknologi Pertanian bersama dengan Fakultas Pertanian dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat menggelar The 8th International Conference of Food, Agriculture and Natural Resources (IC-FANRes) dan The 2nd International Conference of Sustainable Industrial Agriculture (IS-SIA) Tahun 2023 pada Jumat dan Sabtu, 24 dan 25 November 2023 yang bertempat di Gedung Auditorium Universitas Jember. 

Selamat atas Dilantiknya Dekan FTP Periode 2021 - 2025

Civitas akademika Fakultas Teknologi Pertanian mengucapkan selamat kepada Bapak Dr. Ir. BAMBANG MARHAENANTO, M.Eng, IPM. atas dilantiknya sebagai Dekan FTP periode 2021-2025. Semoga sukses dan sehat selalu, serta FTP juga semakin Jaya. 

Serta terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Dr. Ir. Siswoyo Soekarno, M.Eng. IPM. atas dedikasinya sebagai Dekan FTP periode 2017 - 2021.


Webinar: Agricultural and Biosystem Engineering Roles on World's Food Security

University of Jember is one of Top Indonesian Universities accredited with A by National Accreditation Board. As one of the leading Higher Education Institution, our university strives to improve a sustainable and highly qualified education. In this regard, the International Office is carrying out internationalization program by organizing Series of Online Guest Lectures via Zoom Meeting for several study programs.  The programs wil be held on 5-6th october 2020

The guest lecture for this event are:

Prof. Rajendra P. Shrestha, PhD (Asian Institute of Technology (AIT), Thailand)

5th October 2020 , 1-4PM (GMT+7)

Assoc. Prof. Dr. Eiji Morimoto (Tottori University, Japan)

6th October 2020,  9-12AM (GMT+7)

Uji Kompetensi Fasilitator Pertanian Organik Tanaman 

Kegiatan Uji Kompetensi Fasilitator Pertanian Organik Tanaman dilaksanakan dari tgl 14-20 September 2020. Pembukaan dihadiri oleh Bpk Agus Yulianto dari LSPPO  Jakarta dan ditutup oleh Dekan Faperta. Jumlah peserta sekitar 200 mhs. Kegiatan dilaksanakan mengikuti protokol kesehatan dgn jumlah peserta uji lebih kurang 40 orang per hari yg dibagi dalam 4 kelas. Peserta melaksanakan ujian tulis dan.. (view more)

Pelepasan Sarjana dan Pascasarjana Periode 7

Fakultas teknologi Pertanian (FTP) Universitas Jember pada hari Jumat 18 September 2020 telah mengadakan acara pelepasan sarjana dan pascasarjana. Walaupun dilakukan di tengah masa pandemi, tetapi pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar dan dengan menerapkan protokol kesehatan. Namun, ada hal yang berbeda adalah kegiatan pelepasan ini dihadiri semua mahasiswa (view more)

Pengenalan Dosen dan Staf Teknik Pertanian serta Mahasiswa Baru 2020 secara Daring

Hari ini 17 september 2020 merupakan hari yang istimewa bagi Jurusan Teknik Pertanian Universitas Jember. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, pertemuan kali ini dilaksanakan secara daring melalui media teleconference. Tujuan pertemuan ini dalam rangka pengenalan Dosen dan staf kepada mahasiswa baru angkatan 2020. Ketua Jurusan Teknik Pertanian berharap  (view more)

Best researcher Award 2019 – Research Grant Kurita Water And Environment Foundation (KWEF – JAPAN)

Pada tanggal 30 Agustus 2019, Bayu Taruna Widjaja Putra Ph.D (Kurita AIT Research Grant – KARG Awardee 2017) dari Deparment of Agricultural Engineering Universitas Jember menerima penghargaan sebagai peneliti terbaik dari Indonesia. Sehingga diundang untuk mendapatkan penghargaan dan menyampaikan hasil penelitiannya di Tokyo..... (view more)