News & Event

Event of Faculty

Upacara Apel Pagi Tanggal 22 November 2021


Jember, 22 November 2021

Pembina upacara apel pagi hari ini adalah Dr. Ir. Sony Suwasono, M.App.Sc. (Ketua Prodi Magister Teknologi Agroindustri). Sedangkan untuk komandan upacara adalah Oni Eka Setiawan. Pidato pagi ini tentang hasil lulusan dari Fakultas Teknologi Pertanian yang bervariasi. Fakultas Teknologi Pertanian semaksimal mungkin ingin mahasiswa lulus dengan tepat waktu. Namun kenyataannya, banyak mahasiswa yang tidak mampu mencapai target lulusan. SOP pelaksanaan Tugas Akhir harus dibuat ulang lagi dan di share kepada mahasiswa termasuk kepada dosen pembimbing sehingga mahasiswa tidak perlu lagi bingung bertanya kepada dosen pembimbing. Peran serta orang tua dalam penyelesaian Tugas Akhir ini menjadi sangat penting, sebagai salah satu bentuk dukungan kepada para mahasiswa. Mahasiswa dan orangtua dapat melihat di SISTER sampai sejauh mana proses penyelesaian Tugas Akhir ini, sehingga mahasiswa dapat lulus dengan tepat waktu.

Upacara apel pagi ini dilakukan secara daring dan luring. Untuk peserta upacara yang luring, tetap menggunakan masker dan menjaga jarak satu sama lain. Sedangkan peserta upacara yang daring, melalui media confernece Zoom Meeting.

[bp]

Upacara Apel Pagi Tanggal 15 November 2021


Jember, 15 November 2021

Upacara apel pagi hari ini dipimpin oleh Bapak Dr. Ir. Soni Sisbudi Harsono, M.Eng., M.Phil dan pembina upacara adalah Bapak Ir. Giyarto, M.Sc (Wakil Dekan III). Pengarahan Bapak Giyarto sangat singkat, karena setelah upacara selesai akan diumukan hasil pemenang lomba kegiatan yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi Pertanian dalam rangka Dies Natalis Universitas Jember ke-57.

Dalam pidato pengarahannhya, Bapak Giyarto memberikan semangat dan dukungannya untuk seluruh mahasiswa khususnya untuk angkatan kritis yaitu angkatan 2014 dan 2015 untuk segera menyelesaikan masa studinya pada tahun ini. Diharapkan peran serta orangtua serta dosen wali dan dosen pembimbing untuk mendorong semangat para mahasiswa ini untuk segera menyandang gelar S.TP atau S.T. Fakultas Teknologi Pertanian belum mampu untuk mewujudkan kelulusan sarjana tepat waktu. Hal ini dikarenkan mahasiswa aktif dari angkatan 2014-2017 berjumlah 320 orang, dimana jumlah tersebut sama dengan jumlah mahasiswa satu angkatan. Oleh karena itu, perlu adanya sinergitas dari semua pihak yang terkait agar Fakultas Teknologi Pertanian dapat mencetak kelulusan dengan tepat waktu.

Setelah upacara apel pagi dilaksanakan, Ibu Sri Wahyuningsih selaku Wakil Dekan II membacakan hasil pemanang lomba yang diadakan oleh Fakultas Teknologi Pertanian, yaitu :

  • Lomba Kebersihan Ruangan

  1. Lab. TPKL

  2. Lab. KBHP

  3. Lab. TMA

  • Lomba Tik-Tok

  1. Ahib Assadam

  2. Vania Isolan dan Team

  3. Idah Andriyani

  • Lomba Foto Profil Prodi/Jurusan

  1. Teknologi Industri Pertanian

  2. Teknik Pertanian

  • Lomba Foto Profil Ormawa

  1. Symphonychoir

  2. Agritechship

[bp]

Upacara Apel Pagi Tanggal 08 November 2021


Jember, 08 November 2021

Pembina upacara pagi hari ini adalah Dr. Sri Wahyuningsih, S.P., M.T., IPM selaku Wakil Dekan II. Pidatonya kali ini berbeda dengan sebelumnya, karena dalam pidatonya Bu Sri memberikan semangat untuk mengikuti lomba-lomba yang diadakan oleh Universitas Jember dalam rangkan Dies Natalis Unej ke-57. Sampai saat ini, FTP telah mengadakan 10 kegiatan webinar dengan narasumber dari berbagai perguruan tinggi, Industri, dan Kementrian. Bu Sri memberikan ucapan terimakasih kepada Jurusan Teknik Pertanian, tim task force yang telah membuat draft usulan pendirian S2 Magister Teknik Pertanian dan Biosistem dan sudah mendapat persetujuan dari rapat Senat Universitas Jember. Terakhir, Bu Sri memberikan semangat untuk tetap saling bersinergi, saling bekerja sama satu sama lain meningkatkan kinerja kita, dan melaksanakan tugas dan kewajiban yang diamanahkan kepada kita semua dengan tulus ikhlas dan dengan penuh rasa tanggung jawab dengan tetap menjalankan prokes ketat karena pandemic belum berakhir untuk mewujudkan Fakultas Teknologi Pertanian yang semakin tangguh, semakin bertumbuh dan semakin jaya. Pada upacara biasanya, kita mendengarkan lagu nasional yang diputar oleh operator. Namun kali ini, kita mendengarkan secara langsung Lagu Nasional "Indonesia Jaya" yang dinyanyikan oleh Bapak Andi Eko Wiyono.

[bp]

Kuliah Umum Plt. Dirjen Dikti Kemendikbudristek

Jember, 1 November 2021


Dalam rangka Dies Natalis Universitas Jember ke-57, Universitas Jember mengadakan kuliah umum. Pada kesempatan ini, Universitas Jember mengundang Plt. Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi yaitu Bapak Prof. Ir. Nizam , MSc, DIC, Ph.D, IPU, ASEAN, ENG untuk memberikan kuliah umum dengan tema "Peran Dosen dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka". Kuliah umum dilakukan secara online dengan menggunakan media conference Zoom. Kuliah umum ini juga dihadiri oleh tenaga dosen, Dekan, Wakil Dekan I,Wakil Dekan II, Wakil Dekan III, dan seluruh jajaran kepemimpinan di Universitas.

Untuk penjelasan lebih jelasnya mengenai kuliah umum tersebut, dapat dilihat pada link berikut ini : https://www.youtube.com/watch?v=eWk3P8IudqM

[bp]

Upacara Apel Pagi Tanggal 01 November 2021

Jember, 01 November 2021

Upacara apel pada pagi hari ini berlangsung dengan sangat tertib dan lancar. Dengan pembina upacara yaitu Dr. Ida Bagus Suryaningrat, S.TP., M.M dan komandan upacara adalah Herdijanto, S.E. Dalam pidato pengarahannya, Beliau menyampaikan tujuan dari adanya upacara apel pagi ini, ialah untuk tetap menjaga kebersamaan antar warga Fakultas Teknologi Pertanian dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu dengan menjaga jarak, memakai masker, serta mencuci tangan setiap kali memasuki ruangan atau menggunakan handsanitizer yang sudah disiapkan di setiap ruangan. Dalam rangka Dies Natalis ke-57 Universitas Jember, Fakultas Teknologi Pertanian telah melakukan berbagai kegiatan, antara lain Seminar Nasional dan Seminar Internasional yang dilakukan secara daring. Bulan Dies Natalis ini juga merupakan moment untuk evaluasi capaian kinerja dan memberikan semangat bekerja untuk hasil yang lebih baik lagi. Lomba-lomba berbasis digital yang diadakan oleh Universitas Jember telah kita ikuti dengan menerapkan aspek-aspek edukasi dan pendidikan serta nilai-nilai kebersamaan. Mari kita bergerak bersama dengan pemikiran yang sama demi membangun Fakultas Teknologi Pertanian yang jaya, jaya, dan jaya. Di akhir pidatonya, Beliau menyampaikan jargon yang sama dengan Pemerintah Kabupaten Jember yaitu "Saya melindungi anda, Anda melindungi saya." Maksudnya adalah dimanapun kita berada baik di kantor maupun di luar kantor, untuk tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan atau dengan menggunakan handsanitizer.

[bp]

Senam Sehat Jumat Pagi

Jember, 29 Oktober 2021


Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember mengadakan senam bersama yang merupakan germas (Gerakan Masyarakat) dan agenda kegiatan setiap hari Jumat pagi. Senam dimulai pukul 07.00 WIB dan diikuti oleh semua warga Fakultas Teknologi Pertanian termasuk satpam, dosen dan cleaning service. Instruktur senam pagi ini adalah Ibu Sri Handayani. Kegiatan senam ini tetap melaksanakan protokol kesehatan, yaitu dengan menggunakan masker dan menjaga jarak satu dengan yang lain. Senam selesai pada pukul 07.30 WIB dan diakhiri dengan makan bersama di depan Halaman Gazebo Makara.

[bp]

Penandatanganan MoA dengan Perkebunan Sentool PT Gorga Bumi Mandiri

Jember, 15 September 2021

Bertempat di Besaran Kebun Sentool, Desa Suci, Kec. Panti, Kab. Jember, telah ditandatangani oleh Dekan FTP Unej (Bambang Marhaenanto) dan Pimpinan Perkebunan Sentool (Sugiyana) dokumen MoA atau Perjanjian Kerjasama disaksikan oleh Manager Kebun (Nuril), Wakil Dekan 1 (IB Suryaningrat) dan Wakil Dekan 2 (Sri Wahyuningsih).

Kedua belah pihak menyepakati pelaksanaan implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui beberapa BKP (Bentuk Kegiatan Pembelajaran). BKP tersebut antara lain Magang/Praktek Kerja, Membangun Desa/KKN/Pengabdian pada Masyarakat dan Riset yang melibatkan mahasiswa dan dosen dalam rangka pengembangan potensi sumberdaya yang ada di Perkebunan Sentool.

Perjanjian Kerja Sama berlaku selama 4 tahun yang berakhir pada tanggal 14 September 2025. [bm]

Webinar: Agricultural and Biosystem Engineering Roles on World's Food Security

University of Jember is one of Top Indonesian Universities accredited with A by National Accreditation Board. As one of the leading Higher Education Institution, our university strives to improve a sustainable and highly qualified education. In this regard, the International Office is carrying out internationalization program by organizing Series of Online Guest Lectures via Zoom Meeting for several study programs. The programs wil be held on 5-6th october 2020

The guest lecture for this event are:

Prof. Rajendra P. Shrestha, PhD (Asian Institute of Technology (AIT), Thailand)

5th October 2020 , 1-4PM (GMT+7)

Assoc. Prof. Dr. Eiji Morimoto (Tottori University, Japan)

6th October 2020, 9-12AM (GMT+7)


Carousel imageCarousel image

Uji Kompetensi Fasilitator Pertanian Organik Tanaman

Kegiatan Uji Kompetensi Fasilitator Pertanian Organik Tanaman dilaksanakan dari tgl 14-20 September 2020. Pembukaan dihadiri oleh Bpk Agus Yulianto dari LSPPO Jakarta dan ditutup oleh Dekan Faperta. Jumlah peserta sekitar 200 mhs. Kegiatan dilaksanakan mengikuti protokol kesehatan dgn jumlah peserta uji lebih kurang 40 orang per hari yg dibagi dalam 4 kelas. Peserta melaksanakan ujian tulis dan ujian praktek dgn mendemonstrasikan cara pembuatan pupuk organik dan pestisida nabati. Adapun peserta pelatihan yang lulus uji kompetensi adalah sebagai berikut (8 Mahasiswa TEP & 1 Mahasiswa THP): Nuzulur Rohmah F.A., Naufal Ahmad Dzakwan Nabil 3. Rizki Amiruddin 4. Nimas Ayu Setianingrum 5. Dian Ravita Prillya Putri 6. Mu'amar Kadafi 7. Handika Cipta Pratama 8. Moch. Imron Mustofa Bisri 9. Syahril Imron (THP)

Pelepasan Sarjana dan Pascasarjana Periode 7

Fakultas teknologi Pertanian (FTP) Universitas Jember pada hari Jumat 18 September 2020 telah mengadakan acara pelepasan sarjana dan pascasarjana. Walaupun dilakukan di tengah masa pandemi, tetapi pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar dan dengan menerapkan protokol kesehatan. Namun, ada hal yang berbeda adalah kegiatan pelepasan ini dihadiri semua mahasiswa secara daring, sedangkan dekan, wakil dekan, kajur, dan kaprodi yang ada di lingkungan FTP UNEJ berada dalam satu ruangan yaitu ruang sidang dengan penerapan protokol kesehatan. Seluruh kegiatan berjalan dengan khidmat dan lancar serta diiringi dengan senyuman bahagia dari mahasiswa yang telah usai dalam berjuang menyelesaikan pendidikan sarjana dan pascasarjana. Selain itu, turut berbangga dan ucapan selamat diberikan kepada Whina Sofiana (salah satu mahasiswa TIP angkatan 2016) sebagai wisudawan di FTP UNEJ dengan nilai IPK tertinggi yaitu 3,84. (TIP)

Carousel imageCarousel image

Pengenalan Dosen dan Staf Teknik Pertanian kepada Mahasiswa Baru 2020 secara Daring

Hari ini 17 september 2020 merupakan hari yang istimewa bagi Jurusan Teknik Pertanian Universitas Jember. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, pertemuan kali ini dilaksanakan secara daring melalui media teleconference. Tujuan pertemuan ini dalam rangka pengenalan Dosen dan staf kepada mahasiswa baru angkatan 2020. Ketua Jurusan Teknik Pertanian berharap meski pertemuan hanya bisa dilaksanakan secara daring, paling tidak mahasiswa baru bisa mengenal seluruh dosen dan tendik yang berada di lingkungan TEP. Tiap dosen pun memperkenalkan diri dengan memberikan pesan kepada seluruh Mahasiswa. Selain itu, Ketua Jurusan juga berpesan agar mahasiswa baru yang telah diterima di TEP Universitas Jember memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk mengawali perkuliahan semester gasal 2020/2021.

Selamat Datang di Universitas Jember Mahasiswa Baru Angkatan 2020/2021

Berikut Jadwal Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Kampus Tegalboto, Kampus Bondowoso, Kampus Lumajang dan Kampus Pasuruan Th. Akademik 2020/2021.

Best researcher Award 2019 – Research Grant Kurita Water And Environment Foundation (KWEF – JAPAN)

Pada tanggal 30 Agustus 2019, Bayu Taruna Widjaja Putra Ph.D (Kurita AIT Research Grant – KARG Awardee 2017) dari Deparment of Agricultural Engineering Universitas Jember menerima penghargaan sebagai peneliti terbaik dari Indonesia. Sdr. Bayu terpilih oleh Indonesia – National Selection Committee sebagai peneliti terbaik untuk KARG 2017, sehingga diundang untuk mendapatkan penghargaan dan menyampaikan hasil penelitiannya di Tokyo. Penghargaan diberikan oleh Prof. (Em) M. Suzuki perwakilan dari Kurita Water and Environment Foundation (KWEF). Acara tersebut dihadiri pula oleh Prof. Tjandra Setiadi PhD, Kepala Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH) – ITB sebagai Ketua National Selection Committee dari Indonesia.

Events

News Release

Alhamdulillah... Telah terlaksana dengan lancar Rangkaian kegiatan Dies Natalis ke 57 Universitas Jember: Guest Lecturing and International Workshop and Webinar series on Agricultural Engineering 2021

Series 1: An Agricultural Engineering Roles on Energy Industries

Guest speaker: Paleerat Taptawat, Bc. AE, M.Eng. Project Manager, Siemens Energy Thailand

Friday, 5 November 2021

7 - 10 am