Rapat Senat Terbuka Yudisium Sarjana Periode VII Tahun Akademik 2022/2023

Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember untuk yang kesekian kalinya kembali mengadakan Rapat Senat Terbuka Yudisium Sarjana Periode VII Tahun Akademik 2022/2023 yang diselenggarakan pada hari Jum'at tanggal 19 Mei 2023. Sehari sebelumnya pada tanggal 18 Mei 2023 seperti biasanya diadakan Gladhi Bersih Yudisium untuk mempersiapkan dan memantapkan pada saat pelaksanaan. Sebanyak 24 Yudisi melaksanakan Yudisium Periode VII Tahun Akademik 2022/2023 yang terbagi dalam 10 Yudisi dari Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, 11 Yudisi dari Program Studi Teknik Pertanian, dan 3 Yudisi dari Program Studi Teknologi Industri Pertanian. Sedangan untuk Program Studi S2 MagisterTeknologi Agroindustri (MTA) pada periode ini belum ada yang ikut Yudisium. Peserta dengan Indeks Prestasi tertinggi sebesar 3,68 atas nama Siti Nabila Syahbaniyah dari Program Studi S1 Teknik Pertanian tahun angkatan 2018. Yudisium menjadi acara resmi dimana para mahasiswa dianggap lulus secara akademik dan berhak menyandang gelar sesuai disiplin ilmu masing masing.

Upacara Yudisium dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Wakil Dekan III, anggota Senat Fakultas Teknologi Pertanian, Para Koordinator Program Studi, Wakil Koordinator dan Koordinator Pokja di lingkungan Fakultas Teknologi Pertanian. 

Rapat Senat Terbuka Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember dalam rangka Yudisium Program Sarjana Periode VII Tahun Akademik 2022/2023 dibuka oleh Dekan, Dr. Ir. Bambang Marhaenanto, M.Eng.,IPM., Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan selamat kepada para lulusan dan memberi arahan serta motivasi agar para Yudisi setelah lulus, harus gigih dan terus berusaha untuk memperoleh pekerjaan.

Selanjutnya Wakil Dekan I, Prof.Dr. Ida Bagus Suryaningrat, S.TP., M.M.,IPU.,  memimpin acara Pelepasan Jaket Almamater secara simbolis. Makna pelepasan jaket almamater ini adalah sebagai penanda atas perubahan status dari Mahasiswa FTP menjadi Alumni FTP. Ketika sudah beraktivitas diluar, Jaket Almamater akan menjadi pengikat Jiwa antara Alumni dan Almamater tercinta. Partisipasi dan peran aktif Alumni tetap ditunggu untuk bersama sama mengembangkan, memajukan, dan menjadikan FTP Universitas Jember menjadi Fakultas UNGGUL dan bereputasi.

Pemberi Orasi pada acara yudisium periode ini yaitu Muhammad Yunus, alumni Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Owner Tempego , bergerak dibidang wiraswasta produksi keripik tempe dan pembinaan masyarakat yang berfokus pengembangan UMKM. Memberikan peluang dan mengajak untuk berwiraswasta dan kemandirian bersama UMKM.

Yang tak kalah menariknya pada Yudisium Periode VII tahun Akademik 2022/2023 kali ini adalah, sumbangan tari dari mahasiswa Program Studi Teknik Pertanian, Naufal Ahmad Dzakwan, yaitu KIPRAH TARI KLONO TOPENG GAYA SURAKARTA. Tari ini sebagai penghormatan di Kraton Surakarta kala itu, untuk mengingatkan kegigihan dan kegagahan raja Klana Sewandana. Para hadirin begitu terpesona dan begitu menikmatinya.

Semoga diacara Yudisium berikutnya akan lebih baik dan semarak , Salam.

[Ep]