Workshop Kurikulum Berbasis KKNI-OBE Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Banyuwangi, 19 November 2021

Sebagai tindak lanjut Workshop Kurikulum Berbasis KKNI-OBE-Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang diselenggarakan pada 23 Oktober 2021 yang lalu, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember kembali mengundang masing-masing tim penyusunan kurikulum tingkat Program Studi untuk mengikuti lanjutan Workshop Kurikulum Berbasis KKNI-OBE-Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Kegiatan ini diselenggarakan secara luring di Meeting Room Sri Tanjung Hotel Illira Banyuwangi, Jumat – Minggu 19 – 21 November 2021.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengelaborasi dan mendampingi hasil kerja Tim kurikulum masing-masing Prodi di Fakultas Teknologi Pertanian dalam menyusun dokumen kurikulum. Dalam kegiatan ini, peserta workshop ditunjuk oleh Koordinator Prodi, di antaranya Prodi Teknologi Hasil Pertanian (THP), Prodi Teknik Pertanian (TEP), Prodi Teknologi Industrin Pertanian (TIP), dan Prodi Magister Teknologi Agroindustri” ungkap PIC Workshop Kurikulum KKNI-OBE-MBKM yaitu Dr. Ida Bagus Suryaningrat, S.TP, M.M., (Wakil Dekan I) dalam sambutannya.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember, Dr. Ir. Bambang Marhaenanto, M.Eng, IPM, dengan didampingi oleh semua Wakil Dekan. "Pemanfaatan teknologi dan produksi inovasi semakin berkembang pesat sehingga menimbulkan gap antara dunia pendidikan dengan kebutuhan SDM di dunia kerja dan masyarakat. Pendekatan yang dapat digunakan untuk mewadahi pendidikan abad 21 adalah kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE). Dan hal itu relevan dengan kurikulum berbasis KKNI dan konsep merdeka belajar kampus merdeka. Upaya ini juga bersinergi dengan pencapaian melalui akreditasi oleh BAN PT dan akreditasi internasional"ungkap orang nomor satu di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember tersebut.

Dalam workshop ini, didatangkan Tim Nara sumber, yaitu Dr. Iis Nur Asyiah, S.P.,M.P, Erlia Nurulita, S.Pd., M.Si., Ph.D, Mochammad Iqbal, S.Pd., M.Pd, dan Siti Mudiyah,S.Pd., M.Pd., dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember

Pimpinan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember Menyusun Rencana Strategis Bisnis 2020 – 2024. Fakultas Teknologi Pertanian sebagai bagian dari Universitas Jember memiliki kewajiban untuk menjalankan dan mensukseskan Rencana Strategis Bisnis Universitas Jember tahun 2020 – 2024. Atas dasar hal itu, maka Pimpinan FTP UNEJ, yang terdiri dari: Dekan dan para Wakil Dekan, pada tanggal 19 – 21 November 2021 melakukan penyusunan dokumen Rencana Strategis Bisnis Fakultas Teknologi Pertanian tahun 2020 – 2024. Menurut Dr. Ir. Bambang Marhaenanto, M.Eng, IPM, Dekan FTP UNEJ, bahwa dokumen Rencana Strategis Bisnis FTP 2020 – 2024 disusun untuk menjadi acuan bagi pengelolaan, pengembangan dan penerapan program dan kegiatan dalam penyelenggaraan tridharma di FTP UNEJ, yang mulai menerapkan Pengelolaan Keuangan BLU. Dokumen Rencana Strategis Bisnis FTP UNEJ 2020-2024 menjadi instrumen penyelaras dalam bersinergi untuk mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran institusi dalam era BLU. Dokumen ini dilengkapi dengan indikator kinerja dan target pencapaiannya untuk mempermudah proses monitoring dan evaluasi secara reguler baik bagi pihak internal maupun eksternal. Hal ini mengindikasikan kesiapan institusi dalam memberikan layanan jasa pendidikan tinggi secara transparan dan akuntabel.

[bp]