Student Achievement

THABED THOLIB BALADRAF (191710301042)

Program Studi : Teknologi Industri Pertanian 

Prestasi yang didapatkan adalah juara 1 General Paper Mahasiswa dalam event Call for Paper East Java Economic Forum yang diadakan oleh Bank Indonesia dan diikuti lebih dari 200 peserta. Call for Paper East Java Economic Forum memiliki tema yaitu Mendorong Resiliensi Ekonomi Jawa Timur yang Inklusif dan Berkelanjutan di Tengah Peningkatan Ketidakpastian Global [2023]

Mahasiswa Berprestasi Fakultas Teknologi Pertanian 2021

Jember, 11 November 2021

 Menjadi Mahasiswa Berprestasi merupakan impian seluruh mahasiswa di Indonesia. Untuk menjadi Mahasiswa Berprestasi perlu memenuhi kriteria tridharma perguruan tinggi antara lain pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu mahasiswa yang berhasil menyabet gelar Mahasiswa Berprestasi Utama Universitas Jember adalah Thabed Tholib Baladraf. Thabed merupakan seorang Mahasiswa Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Jember angkatan 2019 yang berasal dari Pasuruan. Thabed lahir dari keluarga sederhana dan hidup berdua bersama ibunya mulai tahun 2007 semenjak sang ayah meninggal, di sisi lain ibu Thabed merupakan penjual jajanan tradisional di pasar. Saat itu Thabed ragu ketika ingin melanjutkan ke perguruan tinggi karena keterbatasan ekonomi, namun dengan tekad, kemauan, didikan dan bimbingan dari ibu yang hebat, saat ini Thabed berhasil menjadi Mahasiswa Berprestasi Utama Universitas Jember 2021 dan menjadi Mahasiswa Berprestasi LLDIKTI 7 sehingga melenggangkan langkahnya untuk berlaga di tingkat Nasional. Bukan hanya sejarah bagi Fakultas Teknologi Pertanian namun juga sejarah bagi Universitas Jember karena pertama kalinya Universitas Jember berhasil meloloskan delegasinya hingga tingkat Nasional.

 Thabed merupakan pribadi yang baik dalam akademik yang dibuktikan dengan IPK 3,98 dan berkontribusi aktif dalam penemuan inovasi ilmiah meskipun dengan berbagai keterbatasan yang di alami. Hal ini dibuktikan dengan gelar Mahasiswa Berprestasi Utama Universitas Jember yang diraih, lalu ada 133 penghargaan di bidang riset, 33 kali menjadi pembiacara webinar nasional, 3 publikasi jurnal internasional, dan 2 publikasi jurnal nasional. Tak hanya sampai situ, Thabed juga diamanahi menjadi mentor peningkat prestasi di Institut Pertanian Bogor dan menjadi mentor riset profesional di PT. Riset Prestasi Indonesia. Thabed juga pribadi yang agile terhadap aktivitas dan gemar terhadap pengabdian. Thabed sudah mendirikan wadah kepemudaan dengan nama Inovasia-ID yang menaungi siswa-siswi SMA Sederajat di Indonesia yang memiliki kegemaran terhadap riset dan telah menghasilkan puluhan juara. Thabed menjadi pribadi yang bukan hanya cerdas dalam teori, tetapi juga cerdas berinovasi untuk kepentingan masyarakat.

 Tidak ada ruginya menjadi Mahasiswa Berprestasi karena dengan berprestasi mendidik Thabed menjadi lebih mandiri. Melalui berprestasi Thabed bisa mengontrak rumah, membeli laptop, dan mengirim uang setiap bulan kepada ibu. Kedepannya Thabed dapat memiliki tekad ingin memberikan kebermanfaatan luas terhadap sekitar sehingga dapat menjadi ujung tombak untuk menggerakkan roda kemajuan bangsa Indonesia. Inilah Thabed yang telah berkontribusi aktif di kegiatan sosial kemasyarakatan, organisasi kemahasiswaan, dan inovasi. 

[bp]

Data update per 4 September 2023 EDIT