Laboratories

Lab. Mikrobiologi Pangan dan Hasil Pertanian

Ketua Laboratorium : Nurud Diniyah, S.TP., M.P., Ph.D.

PLP Laboratorium : Neny Novita Yuliany

Teknisi Laboratorium : Astriani


Laboratorium Mikrobiologi Pangan dan Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Jember merupakan laboratorium yang digunakan untuk kegiatan pendidikan (praktikum), penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta pengujian sampel dalam bidang mikrobiologi. Laboratorium ini berada di bawah naungan Prodi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian. Kegiatan terkait dengan bidang mikrobiologi yang dilakukan pada laboratorium ini yaitu:

  1. Teknik sterilisasi peralatan laboratorium dan media praktikum, penelitian, dan pengujian;

  2. Isolasi, identifikasi, dan enumerasi bakteri, khamir, dan kapang yang diperoleh dari bahan hasil pertanian dan bahan pangan;

  3. Pengembangan bioteknologi dan aplikasi mikroorganisme di bidang pangan.

Mata praktikum yang diselenggarakan oleh Laboratorium Mikrobiologi Pangan dan Hasil Pertanian, FTP, UNEJ adalah Bioproses Pangan dan Hasil Pertanian, Teknologi Pangan Fungsional, Teknologi Fermentasi, Manajemen Mutu dan Keamanan Pangan Hasil Pertanian, Mikrobiologi Pangan, Mikrobiologi Umum. Adapun peralatan yang tersedia di laboratorium ini antara lain autoklaf, laminar air flow, incubator, neraca analitik, hot plate, waterbath oven, spektrofotometer, microsentrifuse, macrosentrifuse, shaker incubator, fermentor,vortex, mikropipet, mikroskop, colony counter, bunsen, kulkas, microwave, peralatan gelas. Koleksi mikroba yang ada di laboratorium Mikrobiologi Pangan dan Hasil Pertanian adalah bakteri asam laktat yaitu Lactobacillus bulgaricus, Streptococcus thermophilus, L.casei, L.plantarum, Aspergillus niger, R.oligosporus dan juga kami menyediakan starter nata untuk pembuatan nata de coco.

Lab. Kimia dan Biokimia Hasil Pertanian

Ketua laboratorium : Ahmad Nafi, S.TP., M.P

PLP Laboratorium : Ni Ketut Leseni, A.Md

Teknisi Laboratorium : Nugraha Yuwana, S.TP


Laboratorium Kimia dan Biokimia Hasil Pertanian merupakan laboratorium jurusan teknologi hasil pertanian yang berfokus pada pengujian kimia dari bahan pangan dan hasil pertanian. Kegiatan laboratorium umumnya berpusat pada pelayanan mahasiswa untuk praktikum, contohnya: Dasar-Dasar Teknologi Hasil Pertanian; Analisis Mutu Pangan dan Hasil Pertanian; Kimia Dasar; Pengembangan Produk Baru; dan Teknologi Pengolahan Produk Derivat; atau penelitian tugas akhir, contohnya: Aktivitas Antioksidan Minuman Teh Kombucha Bunga Telang; Efektivitas Penambahan Oleoresin Cabai pada Sifat Fisikokimia Mayonaise Low Fat; dan Karakteristik Hidrolisat Enzimatis Protein Cangkang Udang Vannamei menggunakan Ekstrak Buah Nanas. Selain itu, laboratorium juga menerima pengiriman sampel untuk dilakukan analisis seperti kandungan proksimat dan karakteristik fungsional. Laboratorium juga turut berperan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, salah satunya dengan menjadi praktisi dalam pelatihan pembuatan Modified Cassava Flour (MOCAF), pembuatan produk turunan MOCAF (Brownies, Kerupuk, Nugget, Kue Lumpur, Bolu), dan beberapa produk olahan kacang-kacangan seperti koro pedang, komak, kratok.

Lab. Instrumentasi

Ketua laboratorium : Dr. Dedy Wirawan Soedibyo, S.TP., M.Si

PLP Laboratorium : Agus Suparyono

Teknisi Laboratorium :

Laboratorium Instrumentasi merupakan Laboratorium di Jurusan Teknik Pertanian yang berfokus pada elektronika, instrumentasi dan energi untuk bidang pertanian. Praktikum yang di lakukan di lab instrumentasi antara lain Instrumentasi Kontrol dan Biosistem, Sistem Informasi Pertanian, Mekatronika Pertanian dan Energi dan elektrifikasi Pertanian. Produk atau hasil akhir dari mahasiswa yang melakukan penelitian skripsi di Laboratorium Instrumentasi antara lain ialah program citra digital, rangkaian sistem kontrol, prototype rancang bangun alat otomasi dan lain-lain. Selain itu, mahasiswa juga bisa melakukan pembuatan briket yang nantinya dihitung energi yang dihasilkan. Laboratorium instrumentasi yang sebelumnya bernama laboratorium ENOTIN (Energi,Otomasi dan Elektronika Pertanian)


Lab. Engineering Hasil Pertanian (EHP)

Ketua laboratorium : Sutarsi, S.TP., M.Sc

PLP Laboratorium :

Teknisi Laboratorium :

Laboratorium Engineering Hasil Pertanian merupakan Laboratorium yang berfokus di bidang pengolahan pasca panen. Praktikum yang dilakukan di laboratorium EHP ialah TPRP (Teknik pengolahan dan rancangan proses) dan TPPHP (Teknik pengolahan pangan hasil pertanian). Produk atau hasil akhir dari penelitian skripsi mahasiswa dari laboratorium EHP ialah bahan makanan contohnya ialah tepung jahe dan sebagainya.

Lab. Rekayasa Alat dan Mesin Pertanian

Ketua laboratorium : Dr. Ir. Soni Sisbudi Harsono, M.Eng., M.Phil.

PLP Laboratorium :

Teknisi Laboratorium :

Fungsi utama Lab. Rekayasa Alat dan Mesin Pertanian FTP UNEJ adalah sebagai sarana penunjang kegiatan pembelajaran (praktikum), penelitian, dan pengembangan pada bidang minat perekayasaan alsin pertanian tepat guna. Kegiatan praktikum di Lab ini antara lain (1) praktikum MPAP (smt 1) dan AMPP (smt 2) yang memiliki tujuan untuk memanfaatkan motor bakar sebagai sumber tenaga alsin; dan pemanfaatan alsin untuk pegolahan tanah, pemeliharaan tanaman, panen, dan pascapanen untuk komoditi tanaman pangan, perkebunan, dan hortikultura (2) Praktikum SMAP (smt 3) memberi kemampuan bagi mahasiswa menggunakan alat dan mesin perkakas untuk tujuan perekayasaan, perawatan dan perbaikan alsintan, serta dapat mengestimasi biaya dan mengevaluasi ekonomi pemanfaatan alsintan, dan (3) Praktikum RMPP (smr 5) memberi fasilitas praktikum terkait inovasi, desain dan rancangan alsin inovatif dan tepat guna. Dengan dibekali skill praktis diharapkan mahasiswa dapat berfikir solutif dalam membantu mengatasi isu-isu terkini di masyarakat, dan dapat memberi luaran melalui penelitian dan publikasi ilmiah. Lab Rekayasa Alat dan Mesin Pertanian diketuai oleh Dr. Ir. Soni Sisbudi Harsono, M.Eng., M.Phil. dengan tim dosen yang beranggotakan Dr. Siswoyo Soekarno, S.TP., M.Eng., Ir Tasliman, M.Eng., dan Rufiani Nadzirah, S.TP., M.Sc.